Subscribe RSS


Klasifikasi

Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Bangsa; Cistales
Suku: Begoniaceae
Marga: Begonia
Jenis: Begonia fimbristipulata Hance

Ciri-ciri

Habitus: Terna menahun, tinggi 15-25 cm
Batang: Silindris, berambut, sukulen, beruas-ruas, bercabang-cabang, melata di atas tanah, warna hijau kemerahan
Daun: Tunggal, berseling, tangkai daun silindris, panjang 10-15 cm, berbulu kasar, berwarna hijau pucat dengan rambut kecoklatan, bentuk daun jantung, panjang 5-15 cm, lebar 3-12 cm, ujung runcing, pangkal bertoreh membulat, tepi rata. pertulangan daun menonjol di permukaan bawah, permukaan berbulu kasar, warna hijau bergaris putih, permukaan bawah warna hijau keunguan
Bunga: Majemuk, bentuk payung, terletak di ketiak daun, tangkai panjang 5-10 cm, tanpa kelopak, mahkota bentuk kuku, duduk di atas bakal buah, halus, lebar 1 cm, warna putih kemerahan
Buah: Kotak, bentuk prisma, bersayap, panjang 0,5-1 cm, berwarna putih kehijauan
Biji: Berbentuk serbuk halus, berwarna coklat
Akar: Serabut, berwarna putih kotor

Ekologi dan Penyebaran

Merupakan tumbuhan liar di hutan-hutan basah atau kadang ditanam sebagai tanaman hias. Tumbuh baik di tempat-tempat lembab, tanah berhumus dan di tempat yang sedikit ternaungi, mulai dari ketinggian 900 m sampai 2.300 m di atas permukaan laut. Berbunga pada bulan Juni-September. Waktu panen yang tepat bulan September-November.

Kandungan Kimia

Seluruh bagian tanaman begonia mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.

Khasiat

Begonia berkhasiat sebagai penurun panas, pembersih darah, dan penekan batuk. Sebagai obat turun panas, seluruh bagian tanaman begonia dalam keadaan segar sebanyak 30 gram, dicuci, direbus dengan 200 ml air sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya, saring dan setelah dingin diminum sekaligus, dilakukan sehari 2-3 kali.

Sedangkan untuk obat sakit haid seluruh bagian tanaman begonia segar sebanyak 50 gram, dicuci direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita yang sedang hamil.

Category: | 1 Comment

1 comments to “Tumbuhan Begonia”

  1. Wah saya baru tahu tentang tumbuhan begonia ini, salam kenal gan :)