Subscribe RSS


IKAN PAUS adalah sejenis mamalia yang hidup di lautan. Sama seperti hewan mamalia lainnya yang umumnya hidup di daratan, ikan paus juga mempunyai ciri-ciri antara lain bernafas melalui paru-paru, berdarah panas, mempunyai kelenjar susu, dan memiliki jantung yang terbagi atas empat bilik. Menurut Wikipedia, ikan paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene atau kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu jenis ikan paus yang telah punah adalah Basilosaurus yang panjangnya mencapai 25 meter, berkepala kecil dengan moncong menonjol dan bergigi. Berdasarkan fosil yang pernah ditemukan, ikan paus diduga berasal dari proses evolusi hewan daratan berkuku, seperti Mesonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai) yang berangsur-angsur kembali tinggal di laut sekitar 50 juta tahun lalu. Bahkan ada juga yang bilang, ikan paus berasal dari proses evolusi Ambulocetus (anjing laut) yang memiliki panjang 3 meter dan berat 325 kilogram.



Terlepas riwayat dari mana ikan paus berasal, diyakini bahwa mamalia ini merupakan hewan terbesar yang hidup di permukaan bumi. Beberapa penemuan dinosaurus seperti amphicoelias fragillimus, sebetulnya juga tergolong kolosal. Tapi, ikan paus seperti balaenoptera musculus (ikan paus biru), misalnya, panjangnya bisa lebih dari 33 meter, dengan berat tubuh sekitar 181 metrik ton. Ikan paus biru nyaris punah disebabkan ulah manusia, yang terus menerus memburunya selama lebih dari 40 tahun silam. Kondisi ini kemudian mengundang keprihatinan komunitas internasional, yang pada 1966 lalu memasukkannya ke dalam kelompok mamalia yang dilindungi. Sebelum diburu, populasi terbesar ikan paus biru berada di Antartika, dengan jumlah diperkirakan 239.000-311.000 ekor. Sedangkan sebagian kecil lainnya (sekitar 2.000) terkonsentrasi di Lautan Pasifik dan Samudra Hindia. Saat ini, sering ditemui bahkan terkadang kerap terdampar ke pinggir pantai dua jenis ikan paus. Yakni, ikan paus odontoceti (ikan paus bergigi) yang memiliki satu lubang pernafasan, dan ikan paus baleen mysticeti dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan memiliki dua lubang pernafasan.


Terdampar bersama

Terkait dengan ikan paus yang kerap terdampar, berbagai media memberitakan bahwa para regu penyelamat terpaksa harus bekerja keras menyelamatkan ratusan paus dan beberapa lumba-lumba yang terdampar di sebuah pantai di sebelah selatan Australia di negara bagian Tasmania, awal bulan ini. Konon, peristiwa tersebut merupakan kejadian keempat dalam beberapa bulan terakhir. Seperti diberitakan, sebanyak 194 paus dan sekitar enam lumba-lumba hidung botol terdampar di Pantai Naracoopa di Pulau King, Tasmania, Minggu (1/3) malam. Terdamparnya sejumlah hewan di Tasmania terjadi secara periodik. Pasalnya, ikan-ikan paus itu secara rutin bermigrasi dari perairan Antartika. Akan tetapi, para ilmuwan tidak tahu mengapa itu bisa terjadi. Sebab, bukan sesuatu yang lazim jika paus dan lumba-lumba terdampar secara bersamaan. Chris Arthur, seorang ilmuwan dari Parks and Wildlife Service Tasmania mengatakan kepada Radio ABC Australia bahwa 54 paus dan tujuh lumba-lumba masih hidup. “Itu mencengangkan”. Hewan-hewan tersebut biasanya langsung mati, tetapi ada pula yang bisa bertahan selama berhari-hari,” ujarnya. (dari berbagai sumber/asnawi kumar)

Category: | 0 Comments

0 comments to “Mamalia Terbesar”