Subscribe RSS



DiscoveryLDebah Madu
Poligami pada manusia saat ini mungkin mendapat kecaman dari berbagai pihak. Namun pada lebah, sepertinya poligami menguntungkan dan seolah diharuskan agar memiliki kesehatan prima.

Heather Mattila dari Wellesley College meneliti pengaruh perilaku lebah yang kawin dengan banyak pasangan pada keanekaragaman spesies bakteri menguntungkan yang ada di perut.

Mattila menggunakan 22 koloni lebah jenis Apis mellifera. Sebanyak 12 koloni lebah diinseminasi dengan sperma dari 15 pejantan. Sementara itu, 10 koloni lain hanya diinseminasi dengan sperma 1 pejantan.

Hasil studi menyebutkan bahwa lebah yang diinseminasi dengan sperma campuran memiliki 1.105 spesies bakteri dan 40 persen lebih kaya bakteri menguntungkan.

Pada lebah yang hanya menerima sperma dari satu pejantan, jumlah spesies bakteri hanya 781 dan jumlah bakteri patogen 127 persen lebih banyak.

Matilla, seperti diberitakan Discovery, Selasa (14/3/2012), mengungkapkan, keanekaragaman bakteri membantu lebah madu mencerna makanan dan membantu mengubah pollen menjadi lebih bisa dikonsumsi.

Populasi lebah madu terus berkurang, setidaknya 30 persen per tahun di Amerika Serikat. Penelitian ini membantu ilmuwan memahami faktor-faktor yang berpengaruh pada kesehatan lebah madu.

Sumber : Kompas.com

Category: | 0 Comments

0 comments to “Bagi Lebah, Poligami Menguntungkan”